Bersihkanlah
lingkunganmu, sehingga pandanganmu melihat kedamaian. Bersihkanlah
lingkunganmu sehingga tubuhmu bisa merasakan kesejukan. - See more at:
http://www.bijakkata.com/2014/06/Hidup-Bersih-kebersihan-kata-Mutiara-Bijak.html#sthash.NOHfBKee.dpuf
Bersihkanlah
lingkunganmu, sehingga pandanganmu melihat kedamaian. Bersihkanlah
lingkunganmu sehingga tubuhmu bisa merasakan kesejukan. - See more at:
http://www.bijakkata.com/2014/06/Hidup-Bersih-kebersihan-kata-Mutiara-Bijak.html#sthash.NOHfBKee.dpuf
Infrastruktur
Jalan di Kota Medan Sangat Buruk
Memprihatin itulah kata-kata yang terucap dari penulis melihat buruknya infrastruktur jalan di Kota Medan ini, tentu kondisi seperti ini menciptakan citra buruk bagi wali kota maupun warga yang bermukim di kota Medan ini. Penulis adalah warga Medan tentu malu melihat hal seperti ini karena kota Medan adalah kota metropolitan tetapi tidak diimbangi dengan infrastruktur jalan yang memadai. Medan salah satu tujuan wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara, seharusnya infrastruktur jalan sudah saatnya diutamakan dan diprioritaskan. Jalanan di kota Medan sudah termasuk kategori jalan yang kondisinya sangat parah dan tak jarang menimbulkan kecelakaan lalu lintas maupun kemacetan panjang pada jam-jam tertentu. kondisi jalan diperburuk lagi dengan banyaknya proyek-proyek pengggalian di badan jalan untuk penanaman pipa saluran limbah dan proyek penanaman kabel optik yang merata diseluruh penjuru jalan-jalan yang ada di Medan ini. Akibatnya jalan-jalan hancur dan rusak parah, tentu hal ini sangat merugikan bagi masyarakat, sebagai tanda protes dan kecewa banyak warga menanam pohon pisang di tengah jalan yang rusak tersebut, namun yang disayangkan tidak ada tindakan nyata dari Pemerintah kota Medan untuk memperbaiki jalan-jalan yang hancur tersebut. hal lain jalan yang baru siap diaspal tetapi umurnya hanya menghitung hari dan rusak kembali, ada juga pengaspalan jalan sepotong-sepotong dan asal jadi, serta ada pengaspalan jalan yang mana sebelumnya jalan tesebut selebar 6 meter tetapi setelah lakukan pengaspal ulang jalan tersebut berkurang atau menyempitkira-kira 30-60 cm hal ini mungkin pengerjaaanya tidak sesuai dengan yang ditetapkan oleh Pemko Medan
Tahun 2015 ini pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar 100 milyar rupiah untuk pembangunan infrastruktur kota termasuk kota Medan mendapatkan dana tersebut. Wali kota Medan Dzulmi Eldin berkata dana tersebut akan digunakan untuk penambahan jalan di kota Medan, menurut penulis daripada menambah jalan lebih baik jalan yang sudah ada diperbaiki dan diperlebar selebar mungkin dan tentu hal ini jauh lebih bermanfaat dan menghemat dana. di kota Medan insfratruktur jalan lebih lebar tanah atau sisa pinggir jalan yang tidak beraspal dari pada jalan yang beraspal, alangkah lebih baik jika sisa pinggir jalan itu di manfaatkan dan diaspal tentu akan nampak lebih lebar dan otomatis akan mengurangi kemacetan di kota Medan. dan harapan penulis semua jalan yang ada di kota medan yang berstatus jalan kota agar dimanfaatkan dengan mengaspal sampai ke bibir parit. tentu kalau jalan-jalan di kota medan lebar otomatis warga akan melalui jalan tesebut dan kendraan ditengah kota pasti berkurang dan macet akan terhindar.
Tahun 2015 ini pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar 100 milyar rupiah untuk pembangunan infrastruktur kota termasuk kota Medan mendapatkan dana tersebut. Wali kota Medan Dzulmi Eldin berkata dana tersebut akan digunakan untuk penambahan jalan di kota Medan, menurut penulis daripada menambah jalan lebih baik jalan yang sudah ada diperbaiki dan diperlebar selebar mungkin dan tentu hal ini jauh lebih bermanfaat dan menghemat dana. di kota Medan insfratruktur jalan lebih lebar tanah atau sisa pinggir jalan yang tidak beraspal dari pada jalan yang beraspal, alangkah lebih baik jika sisa pinggir jalan itu di manfaatkan dan diaspal tentu akan nampak lebih lebar dan otomatis akan mengurangi kemacetan di kota Medan. dan harapan penulis semua jalan yang ada di kota medan yang berstatus jalan kota agar dimanfaatkan dengan mengaspal sampai ke bibir parit. tentu kalau jalan-jalan di kota medan lebar otomatis warga akan melalui jalan tesebut dan kendraan ditengah kota pasti berkurang dan macet akan terhindar.
Gambar: Sisa tanah Pinngir Jalan sisi kanan dan kiri lebih lebar dari pada jalan yang beraspal
Melihat gambar diatas seharusnya pihak Pemko Medan bisa memanfaatkan sisa tanah tersebut untuk pelebaran jalan, dan tentu Kota Medan akan tampak Bersih dan Indah.
Akibat dari sisa tanah kanan-kiri jalan lebar, wargapun memanfaatkan lahan tersebut untuk berdagang tentu hal ini akan menimbulkan kemacetan dan terkesan kumuh
Truk sampah dengan muatan yang semrawut menggangu keindahan kota
Parit dangkal dan jorok
Parit yang dangkal dan jorok seharusnya parit di kota Medan harus berkedalaman 5 m dan dasar di cor dan permukaan ditutup sehingga tutup jalan bisa digunakan sebagai badan jalan untuk menghindari kemacetan dan pengaspalannya dilakukan dengan miring agar air hujan langsung turun ke parit
Parit besar dan kotor berada di tengah kota Medan
Parit Besar dan Jorok berada ditengah-tengah kota Medan (seharusnya di gali lebih dalam dan gunakan sebagai Kanal)
Bangunan SPBU mempesempit pesimpangan jalan
Persimpangan jalan yang sempit akibat dari bangunan SPBU yang menjorong ke badan jalan sehingga mengganggu pengguna jalan yang hendak berbelok ke kiri. seharusnya hal-hal seperti itu perlu ada perhatian khusus dari pemko Medan agar terhindar dari kemacetan demi keindahan dan ketertiban kota medan. SPBU seperti ini banyak dijumpai di kota Medan.
Perlintasan kereta api di tengah kota
Perlintasan kereta api di kota Medan acap kali menimbulkan kemacetan luar biasa seperti di jalan Sisingamangaraja (seharusnya perlintasan KA dibangun bawah tanah).
Bangunan diatas parit
Bangunan bangunan diatas parit juga perlu mendapat perhatian dari Pemko Medan agar Kota Medan tampak Indah, Bersih dan berwibawa dimata dunia. dan seharusnya parit seperti gambar diatas di buat lebih dalam dan pakai tutup dan dapat digunakan untuk pelebaran jalan, dan aspal jalan dibuat miring ke arah parit agar terhindar dari genangan dikala musim hujan.
Lebih indah dan tertata tanpa ada sisa tanah pinggir jalan
Kondisi Jalan Muktar Basri Medan hancur akibat galian saluran limbah
Kondisi Lalu Lintas di Medan Macet dan Semrawut
Kondisi Lalu Lintas di Medan Macet dan Semrawut
Memoles Kota Medan menjadi kota yang indah
Kota Medan adalah kota bisnis dan pintu masuk wilayah barat Sumatera dan sangat berdekatan dengan Negara lain seperti Negara jiran Singapura, Malaysia, Thailand maka Kota Medan sudah selayaknya mensejajarkan diri dengan kota lain di asia tenggara
Kota Medan adalah kota bisnis dan pintu masuk wilayah barat Sumatera dan sangat berdekatan dengan Negara lain seperti Negara jiran Singapura, Malaysia, Thailand maka Kota Medan sudah selayaknya mensejajarkan diri dengan kota lain di asia tenggara
Infrastruktur Jalan di Kota Medan sangat Buruk, jalanan kecil,
berlobang, berdebu, becek adalah merupakan pemandangan biasa di kota ini, Nah
bagaimanakah mengatasi Jalan yang kecil dan buruk ini, tentu hal yang paling utama adalah kemauan
dari pemimpin di kota ini, tentu dengan kerjasama dan komunikasi yang baik
dengan pihak investor,instansi pemerintah,instansi swasta maupun instansi di
sekitar MEBIDANG (Medan Binjai Deli Serdang). Hal yang pertama dilakukan
yaitu pembenahan jalan-jalan utama di
kota medan yaitu salah satunya di pintu masuk kota medan arah Selatan yaitu
tepatnya jalan sisingamangaraja atau mulai dari perbatasan kota medan dengan
tanjung morawa deli serdang hingga ke Lapangan Merdeka sebagai titik 0 Kota
Medan.Kenapa dari sini mulainya karena jalur ini merupakan pintu masuk dari
berbagai daerah maupun pintu masuk dari luar negara melalui Lapangan Terbang
KNIA, untuk pembangunan kota medan dibagi pada 4 sektor yaitu Sektor Barat,
Timur, Utara dan Selatan. Dari setiap
sektor semua jalan-jalan yang ada di perbaiki tanpa membebaskan lahan warga
secara besar-besaran dan tanpa membuka jalan baru dan tanpa perlu buat fly over. Bagaimana
caranya yaitu:
1.
Semua parit disepanjang jalan
Sisingamangaraja atau parit yang ada disemua kecamatan sektor selatan baik sebalah kanan dan kiri di
gali sedalam 5 meter dan lebar 80 cm dan dasar parit tersebut harus di lantai
dengan beton gunanya untuk mengatasi genangan air dikala musim hujan dan
dialirkan langsung ke kanal yang sudah ada.
2.
Bangunan ataupun pagar rumah penduduk harus berjarak minimal 1m dari bibir
parit gunanya yaitu antara parit dan pagar dijadikan sebagai jalur pejalan kaki dan sepeda, ini
demi keindahan dan tata ruang kota.
3.
Parit yang digali sedalam 5 meter
tersebut di tutup lagi dengan beton secara jarang dengan jarak 5cm dan setiap
100m dibuat lobang kontrol buka tutup sebesar 80cm x 1m untuk mempermudah
perawatan parit. Dan tutup parit diaspal
agar indah dan atas parit tersebut dapat di gunakan lahan parkir sejajar dan
tanpa parkir berlapis dan bisa menambah APBD kota Medan.
parit tertutup bisa dimanfaatkan untuk lahan parkir dan jalan lebih lebar
\
\
4.
Trotoar Jalan yang sudah di ada
sebelumnya di bongkar agar jalan nampak lebar, dan penggantinya di bangun
kembali di antara parit dan pagar rumah warga atau jalur pejalan kaki tersebut.
5.
Pengaspalan Jalan harus miring kearah
parit sehingga dikala hujan turun air langsung mengalir ke dalam parit yang
telah dibuat lobang kecil memanjang agar pembuangan air langsung dari jalan ke parit begitu juga air dari rumah warga langsung ke parit seperti gambar dibawah ini
Denah air dari jalan dan perumahan mengalir langsung ke parit
6.
Pulau jalan difungsikan hanya sebagai
pembatas jalan ,taman dan penerangan jalan, bukan sebagai tempat papan iklan
7.
Semua Papan Iklan yang menutupi
traffic light dan yang merusak pemandangan mata di bongkar agar nampak luas dan
indah untuk solusi agar tetap ada pemasukan kas dari iklan di buat lokasi
periklanan di pinggir jalan atau sekitar yang tidak menggangu pemandangan
Papan Iklan yang menggangu Pemandangan dan terkesan dibiarkan
Penempatan Iklan Yang Indah dan Baik
8.
Warung-warung di pinggir jalan harus
di bongkar dan dilarang berjualan sepanjang trotoar jalan dan ini harus perlu
ketegasan, jika tidak ini akan meyemak bagaikan ulat bulu
9.
Pangkalan Angkutan Kota harus di
tertibkan yaitu dengan menyediakan Lahan pangkalan atau terminal mini yang
bersih dan teratur serta jadwal keberangkatan setiap 15 menit sekali. Dan Jumlah
angkutan Kota perlu di minimalisasi dengan tidak membuat trayek yang tumpang
tindih. dari terminal mini ini bisa di jadikan sebagai sumber APBD kota Medan.
Contoh di sekitar Kampus UNIMED jalan pancing disediakan terminal mini yang
bersih dan terawat.
10.
Bangun halte dan setiap halte bisa
menampung minimal 50 orang. dan halte ini harus mempunyai jalan tersendiri
untuk menghindari macet
11.
Setiap persimpangan jalan atau traffic
light harus di buat jalan melebar untuk muat 1 mobil agar belok kiri tidak
terganggu dan tidak menimbulkan macet. jalan melebar ini sekurangnya sekitar 50-100 m dari persimpangan
Persimpangan jalan yang buruk
Plan persimpangan jalan yang bagus
12.
Tiang-tiang listrik harus ada kerjasamanya
dari PLN, ataupun tiang Telepon (Telkom).yaitu semua tiang ditempatkan di
sebelah trotoar atau jalur pejalan kaki dan kabel yang kusut harus ditata rapi
demi keindahan kota.
Kabel berserabut merusak keindahan
Indah tanpa kabel berserabut dan pedagang yang rapi
13.
Rel kereta api yang Melintas di jalan
raya kota harus dibangun dari bawah tanah atau dari atas
14. Bangunan rumah warga yang mana buangan air hujannya mengalirkan ke jalan harus di tindak
15. Pohon pinggir Jalan sebagian di tebang untuk keindahan, karena jaraknya terlalu rapat dan juga membahayakan pengguna jalan
16. Pemasangan tiang listrik dan telepon harus di luar atau seberang parit jalan
15. Pohon pinggir Jalan sebagian di tebang untuk keindahan, karena jaraknya terlalu rapat dan juga membahayakan pengguna jalan
16. Pemasangan tiang listrik dan telepon harus di luar atau seberang parit jalan
Bangunan rumah warga (pembuangan air hujan ke jalan mengakibatkan genangan)
Jika ada komitmen dari Pemerintah dan Instansi terkait untuk keindahan Korta Medan, Maka Kota Medan Akan Indah dipandang seperti gambar dibawah ini
Hasilnya Kota Medan Akan Indah
Jalan raya yang indah, akan terwujud di Medan
Semoga Untuk Walikota yang akan datang bisa memperbaiki Kota Medan dan untuk warga medan dalam menghadapi Pilkada 2015 ini pilihlah walikota yang profilenya bisa memajukan kota Medan, dan tugas wlaikota itu bukan membagikan KTP gratis maupun KK gratis. melainkan tugas utamanya adalah memajukan kota Medan agar warganya sejahtera.
Ide yang inspiratif,semoga walikota medan bisa mewujudkannya
BalasHapusMudah-mudahan Bro
HapusMantap Bro sebagai inspirasi bagi Wali Kota Medan, karena Presiden akan mengucurkan Dana 100m untuk pembangunan kota, salahsatunya tujuan walikota untuk buka jalan baru, dari adanya blog ini untuk apa lagi bukan jalan baru, lebih baik mengkondisikan jalan yang sudah ada, untuk penghematan biaya
BalasHapusYa Mudah2an Bro Walikota Medan Mau berkomitmen untuk memajukan Kota Medan Agar Indah dan berwibawa
HapusMalah Medan Bisa lebih Indah dari Singapore atau KL, Jika Walikota Medan Ada Komitmen untuk membangun Kota Medan
BalasHapusTentu Bisa Lebih Indah Jika ada Komitmen dari WaliKota, dan hasilnya pasti dirasakan Warga
HapusAda Komitman pasti bisa, Semoga Bapak walikota Medan Baca Blog ini agar sebagai Insipirasi bagi kemajuan Kota Medan
BalasHapusBenar Bro..Ada Komitmen pasti Bisa
HapusSaya Sepakat dengan Komen-komen para sahabat diatas semoga Bapak Wlikota Medan Eldin Mau berkomitmen membangun Kota Medan
BalasHapusSayan Juga Sepakat
HapusGambaran suasana malaysia
HapusWajah Medan dari Tahun ke Tahun tetap sama Tidak ada perubahan yang berati
BalasHapus