Jumat, 08 Mei 2015

Membenahi Infrastruktur jalan di Kota Medan

Bersihkanlah lingkunganmu, sehingga pandanganmu melihat kedamaian. Bersihkanlah lingkunganmu sehingga tubuhmu bisa merasakan kesejukan. - See more at: http://www.bijakkata.com/2014/06/Hidup-Bersih-kebersihan-kata-Mutiara-Bijak.html#sthash.NOHfBKee.dpuf
Bersihkanlah lingkunganmu, sehingga pandanganmu melihat kedamaian. Bersihkanlah lingkunganmu sehingga tubuhmu bisa merasakan kesejukan. - See more at: http://www.bijakkata.com/2014/06/Hidup-Bersih-kebersihan-kata-Mutiara-Bijak.html#sthash.NOHfBKee.dpuf
Infrastruktur Jalan di Kota Medan Sangat Buruk
Memprihatin itulah kata-kata yang terucap dari penulis melihat buruknya infrastruktur jalan di Kota Medan ini, tentu kondisi seperti ini menciptakan citra buruk bagi wali kota maupun warga yang bermukim di kota Medan ini. Penulis adalah warga Medan tentu malu melihat hal seperti ini karena kota Medan adalah kota metropolitan tetapi tidak diimbangi dengan infrastruktur jalan yang memadai. Medan salah satu tujuan wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara, seharusnya infrastruktur jalan sudah saatnya diutamakan dan diprioritaskan. Jalanan di kota Medan sudah termasuk kategori jalan yang kondisinya sangat parah dan tak jarang menimbulkan kecelakaan lalu lintas maupun kemacetan panjang pada jam-jam tertentu. kondisi jalan diperburuk lagi dengan banyaknya proyek-proyek pengggalian di badan jalan untuk penanaman pipa saluran limbah dan proyek penanaman kabel optik yang merata diseluruh penjuru jalan-jalan yang ada di Medan ini. Akibatnya jalan-jalan hancur dan rusak parah, tentu hal ini sangat merugikan bagi masyarakat, sebagai tanda protes dan kecewa banyak warga menanam pohon pisang di tengah jalan yang rusak tersebut, namun yang disayangkan tidak ada tindakan nyata dari Pemerintah kota Medan untuk memperbaiki jalan-jalan yang hancur tersebut. hal lain jalan yang baru siap diaspal tetapi umurnya hanya menghitung hari dan rusak kembali, ada juga pengaspalan jalan sepotong-sepotong dan asal jadi, serta ada pengaspalan jalan yang mana sebelumnya jalan tesebut selebar 6 meter tetapi setelah lakukan pengaspal ulang jalan tersebut berkurang atau menyempitkira-kira 30-60 cm hal ini mungkin pengerjaaanya tidak sesuai dengan yang ditetapkan oleh Pemko Medan

Tahun 2015 ini pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar 100 milyar rupiah untuk pembangunan infrastruktur kota termasuk  kota Medan mendapatkan dana tersebut. Wali kota Medan Dzulmi  Eldin berkata dana tersebut akan digunakan untuk penambahan jalan di kota Medan, menurut penulis daripada menambah jalan lebih baik  jalan yang sudah ada diperbaiki dan diperlebar selebar mungkin dan tentu hal ini jauh lebih bermanfaat dan menghemat dana. di kota Medan insfratruktur jalan lebih lebar tanah atau sisa pinggir jalan yang tidak beraspal dari pada jalan yang beraspal, alangkah lebih baik jika sisa pinggir jalan itu di manfaatkan dan diaspal tentu akan nampak lebih lebar dan otomatis akan mengurangi kemacetan di kota Medan. dan harapan penulis semua jalan yang ada di kota medan yang berstatus jalan kota agar dimanfaatkan dengan mengaspal sampai ke bibir parit. tentu kalau jalan-jalan di kota medan lebar otomatis warga akan melalui jalan tesebut dan kendraan ditengah kota pasti berkurang dan macet akan terhindar.


Gambar: Sisa tanah  Pinngir Jalan sisi kanan  dan kiri lebih lebar dari pada jalan yang beraspal  

Melihat gambar diatas seharusnya pihak Pemko Medan bisa memanfaatkan sisa tanah tersebut untuk pelebaran jalan, dan tentu Kota Medan akan tampak Bersih dan Indah.

Akibat dari sisa tanah kanan-kiri jalan lebar, wargapun memanfaatkan lahan tersebut untuk berdagang tentu hal ini akan menimbulkan kemacetan dan terkesan kumuh

Truk sampah dengan muatan yang semrawut menggangu keindahan kota

Parit dangkal dan jorok

Parit yang dangkal dan jorok seharusnya parit di kota Medan harus berkedalaman 5 m dan dasar di cor dan permukaan ditutup sehingga tutup jalan bisa digunakan sebagai badan jalan untuk menghindari kemacetan dan pengaspalannya dilakukan dengan miring agar air hujan langsung turun ke parit

Parit besar dan kotor berada di tengah kota Medan

Parit Besar dan Jorok berada ditengah-tengah kota Medan (seharusnya di gali lebih dalam dan  gunakan sebagai Kanal)

Bangunan SPBU mempesempit pesimpangan jalan

Persimpangan jalan yang sempit akibat dari bangunan SPBU yang menjorong ke badan jalan sehingga mengganggu pengguna jalan yang hendak berbelok ke kiri. seharusnya hal-hal seperti itu perlu ada perhatian khusus dari pemko Medan agar terhindar dari kemacetan demi keindahan dan ketertiban kota medan. SPBU seperti ini banyak dijumpai di kota Medan.

Perlintasan kereta api di tengah kota

Perlintasan kereta api di kota Medan  acap kali menimbulkan kemacetan luar biasa seperti di jalan Sisingamangaraja  (seharusnya perlintasan KA dibangun bawah tanah).
 
Bangunan diatas parit

Bangunan bangunan diatas parit juga perlu mendapat perhatian  dari Pemko Medan agar Kota Medan tampak Indah, Bersih dan berwibawa dimata dunia. dan seharusnya parit seperti gambar diatas di buat lebih dalam dan pakai tutup dan dapat digunakan untuk pelebaran jalan, dan aspal jalan dibuat miring ke arah parit agar terhindar dari genangan dikala musim hujan.


Lebih indah dan tertata tanpa ada sisa tanah pinggir jalan

Kondisi Jalan Muktar Basri Medan hancur akibat galian saluran limbah


Kondisi  Lalu Lintas di Medan Macet dan Semrawut

Memoles Kota Medan menjadi kota yang indah
Kota Medan adalah kota bisnis dan pintu masuk wilayah barat Sumatera dan sangat berdekatan dengan Negara lain seperti  Negara jiran Singapura, Malaysia, Thailand maka Kota Medan sudah selayaknya mensejajarkan diri dengan kota lain di asia tenggara
Infrastruktur Jalan di Kota Medan sangat Buruk, jalanan kecil, berlobang, berdebu, becek adalah merupakan pemandangan biasa di kota ini, Nah bagaimanakah mengatasi Jalan yang kecil dan buruk ini, tentu hal yang paling utama adalah kemauan dari pemimpin di kota ini, tentu dengan kerjasama dan komunikasi yang baik dengan pihak investor,instansi pemerintah,instansi swasta maupun instansi di sekitar MEBIDANG (Medan Binjai Deli Serdang). Hal yang pertama dilakukan yaitu  pembenahan jalan-jalan utama di kota medan yaitu salah satunya di pintu masuk kota medan arah Selatan yaitu tepatnya jalan sisingamangaraja atau mulai dari perbatasan kota medan dengan tanjung morawa deli serdang hingga ke Lapangan Merdeka sebagai titik 0 Kota Medan.Kenapa dari sini mulainya karena jalur ini merupakan pintu masuk dari berbagai daerah maupun pintu masuk dari luar negara melalui Lapangan Terbang KNIA, untuk pembangunan kota medan dibagi pada 4 sektor yaitu Sektor Barat, Timur, Utara dan Selatan.  Dari setiap sektor semua jalan-jalan yang ada di perbaiki tanpa membebaskan lahan warga secara besar-besaran dan tanpa membuka jalan baru  dan tanpa perlu buat fly over. Bagaimana caranya yaitu:
1.      Semua parit disepanjang jalan Sisingamangaraja atau parit yang ada disemua kecamatan  sektor selatan baik sebalah kanan dan kiri di gali sedalam 5 meter dan lebar 80 cm dan dasar parit tersebut harus di lantai dengan beton gunanya untuk mengatasi genangan air dikala musim hujan dan dialirkan langsung ke kanal yang sudah ada. 
2.       Bangunan ataupun pagar rumah  penduduk harus berjarak minimal 1m dari bibir parit gunanya yaitu antara parit dan pagar dijadikan  sebagai jalur pejalan kaki dan sepeda, ini demi keindahan dan tata ruang kota.
3.       Parit yang digali sedalam 5 meter tersebut di tutup lagi dengan beton secara jarang dengan jarak 5cm dan setiap 100m dibuat lobang kontrol buka tutup sebesar 80cm x 1m untuk mempermudah perawatan parit. Dan tutup parit  diaspal agar indah dan atas parit tersebut dapat di gunakan lahan parkir sejajar dan tanpa parkir berlapis dan bisa menambah APBD kota Medan.
parit tertutup bisa dimanfaatkan untuk lahan parkir  dan jalan lebih lebar
\
4.       Trotoar Jalan yang sudah di ada sebelumnya di bongkar agar jalan nampak lebar, dan penggantinya di bangun kembali di antara parit dan pagar rumah warga atau jalur pejalan kaki tersebut.
5.       Pengaspalan Jalan harus miring kearah parit sehingga dikala hujan turun air langsung mengalir ke dalam parit yang telah dibuat lobang kecil memanjang agar  pembuangan air langsung dari jalan ke parit begitu juga air dari rumah warga langsung ke parit seperti gambar dibawah ini

Denah air dari jalan dan perumahan mengalir langsung ke parit

6.       Pulau jalan difungsikan hanya sebagai pembatas jalan ,taman dan penerangan jalan, bukan sebagai tempat papan iklan
7.       Semua Papan Iklan yang menutupi traffic light dan yang merusak pemandangan mata di bongkar agar nampak luas dan indah untuk solusi agar tetap ada pemasukan kas dari iklan di buat lokasi periklanan di pinggir jalan atau sekitar yang tidak menggangu pemandangan

Papan Iklan yang menggangu Pemandangan dan terkesan dibiarkan

Penempatan Iklan Yang Indah dan Baik

8.       Warung-warung di pinggir jalan harus di bongkar dan dilarang berjualan sepanjang trotoar jalan dan ini harus perlu ketegasan, jika tidak ini akan meyemak bagaikan ulat bulu
9.       Pangkalan Angkutan Kota harus di tertibkan yaitu dengan menyediakan Lahan pangkalan atau terminal mini yang bersih dan teratur serta jadwal keberangkatan setiap 15 menit sekali. Dan Jumlah angkutan Kota perlu di minimalisasi dengan tidak membuat trayek yang tumpang tindih. dari terminal mini ini bisa di jadikan sebagai sumber APBD kota Medan. Contoh di sekitar Kampus UNIMED jalan pancing disediakan terminal mini yang bersih dan terawat.
10.   Bangun halte dan setiap halte bisa menampung minimal 50 orang. dan halte ini harus mempunyai jalan tersendiri untuk menghindari macet
11.   Setiap persimpangan jalan atau traffic light harus di buat jalan melebar untuk muat 1 mobil agar belok kiri tidak terganggu dan tidak menimbulkan macet. jalan melebar ini sekurangnya sekitar  50-100 m dari persimpangan

 Persimpangan jalan yang buruk

Plan persimpangan jalan yang bagus
12.   Tiang-tiang listrik harus ada kerjasamanya dari PLN, ataupun tiang Telepon (Telkom).yaitu semua tiang ditempatkan di sebelah trotoar atau jalur pejalan kaki dan kabel yang kusut harus ditata rapi demi keindahan kota.

Kabel berserabut merusak keindahan

Indah tanpa kabel berserabut dan pedagang yang rapi

13.   Rel kereta api yang Melintas di jalan raya kota harus dibangun dari bawah tanah atau dari atas
14. Bangunan rumah warga yang mana buangan air hujannya mengalirkan ke jalan harus di tindak 
15. Pohon  pinggir Jalan sebagian di tebang untuk keindahan, karena jaraknya terlalu rapat dan juga membahayakan pengguna jalan
16. Pemasangan tiang listrik dan telepon harus di luar atau seberang parit jalan 

 Bangunan rumah warga (pembuangan air hujan ke jalan mengakibatkan genangan)

Jika ada komitmen dari Pemerintah dan Instansi terkait untuk keindahan Korta Medan, Maka Kota Medan Akan Indah dipandang seperti gambar dibawah ini


 Hasilnya Kota Medan Akan Indah

 dan kita akan melihat Jalan-jalan kota medan seperti dibawah ini





Jalan raya yang indah, akan terwujud di Medan 


Semoga Untuk Walikota yang akan datang bisa memperbaiki Kota Medan dan untuk warga medan dalam menghadapi Pilkada 2015 ini pilihlah walikota yang profilenya bisa memajukan kota Medan, dan tugas wlaikota itu bukan membagikan KTP gratis maupun KK gratis. melainkan tugas utamanya adalah memajukan kota Medan agar warganya sejahtera.

12 komentar:

  1. Ide yang inspiratif,semoga walikota medan bisa mewujudkannya

    BalasHapus
  2. Mantap Bro sebagai inspirasi bagi Wali Kota Medan, karena Presiden akan mengucurkan Dana 100m untuk pembangunan kota, salahsatunya tujuan walikota untuk buka jalan baru, dari adanya blog ini untuk apa lagi bukan jalan baru, lebih baik mengkondisikan jalan yang sudah ada, untuk penghematan biaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mudah2an Bro Walikota Medan Mau berkomitmen untuk memajukan Kota Medan Agar Indah dan berwibawa

      Hapus
  3. Malah Medan Bisa lebih Indah dari Singapore atau KL, Jika Walikota Medan Ada Komitmen untuk membangun Kota Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu Bisa Lebih Indah Jika ada Komitmen dari WaliKota, dan hasilnya pasti dirasakan Warga

      Hapus
  4. Ada Komitman pasti bisa, Semoga Bapak walikota Medan Baca Blog ini agar sebagai Insipirasi bagi kemajuan Kota Medan

    BalasHapus
  5. Saya Sepakat dengan Komen-komen para sahabat diatas semoga Bapak Wlikota Medan Eldin Mau berkomitmen membangun Kota Medan

    BalasHapus
  6. Wajah Medan dari Tahun ke Tahun tetap sama Tidak ada perubahan yang berati

    BalasHapus